Senin, 14 November 2011

BERHENTI MENGELUH & MULAI BERSYUKUR


Mengeluh adalah hal yang sangat mudah dilakukan dan bagi beberapa orang hal ini telah menjadi suatu kebiasaan. Kalau Anda termasuk orang yang suka mengeluh maka ketahuilah bahwa kebiasaan mengeluh tidak akan membuat situasi yang Anda hadapi menjadi lebih baik, malahan hanya akan menguras energi Anda dan menciptakan perasaan negatif yang tidak memberdayakan diri Anda.
 Coba tanyakan diri Anda apabila seandainya, Anda memiliki dua orang teman, yang pertama selalu mengucapkan kata-kata positif dan yang kedua selalu mengeluh, Anda akan lebih senang berhubungan dengan yang mana? Saya yakin jawaban Anda adalah teman yang pertama, karena pada dasarnya semua orang senang berhubungan dengan orang-orang positif yang kata-katanya membangun, menghibur, menguatkan.
Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa kita sering mengeluh? Kita mengeluh karena kita kecewa bahwa realitas yang terjadi tidak sesuai dengan harapan atau keinginan kita. Dan Anda perlu sadari bahwa hal ini akan terjadi hampir setiap hari dalam kehidupan yaitu kenyataan yang terjadi seringkali tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan.
Jadi cara mengatasinya sebenarnya mudah kita hanya perlu belajar bersyukur dalam segala keadaan yang kita hadapi.
Sebagai contoh, jika Anda sering mengeluh dengan pekerjaan Anda, Anda perlu tahu berapa banyak jumlah pengangguran yang ada di Indonesia saat ini? Menurut informasi hampir 60% orang pada usia kerja produktif tidak punya pekerjaan, jadi bersyukurlah Anda masih memiliki pekerjaan dan penghasilan. Atau Anda mengeluh karena jalanan sering macet saat Anda mengemudi, untuk hal ini ketahuilah bahwa ada jutaan orang yang tidak memiliki kendaraan pribadi seperti Anda.
Ada cerita menarik mengenai dua pasien rumah sakit jiwa. Pasien pertama sedang duduk termenung sambil menggumam, ''Sinta, Sinta''. Seorang pengunjung yang keheranan menanyakan masalah yang dihadapi orang ini. Si dokter menjawab, ''Orang ini jadi gila setelah cintanya ditolak oleh Sinta'.' Si pengunjung manggut-manggut, tapi begitu lewat sel lain ia terkejut melihat penghuni lain itu terus menerus memukulkan kepalanya di tembok dan berteriak, ''Sinta, Sinta". Orang ini juga punya masalah dengan Sinta? '' tanyanya keheranan. Dokter kemudian menjawab, '' Ya, dialah yang akhirnya menikah dengan Lulu''.
Percayalah bahwa di balik semua hal yang kita sering keluhkan pasti ada hal yang dapat kita syukuri. Para ahli psikologi mengatakan "Sikap bersyukur adalah emosi yang tersehat". Seorang pakar stress bernama Hans Seyle juga berkata, "Sikap bersyukur menghasilkan energi emosional lebih daripada sikap yang lain dalam hidup ini". Yang menarik adalah Anda selalu dapat memilih dalam setiap kejadian yang dihadapi apakah Anda akan mengeluh atau bersyukur.
Herannya ada orang-orang tertentu yang memang tidak paham bagaimana cara bersyukur dan orang-orang seperti ini kelihatannya tidak pernah dapat melihat sesuatu hal yang baik ataupun positif karena pandangannya cuma tertuju pada hal yang negatif.
Mulai ambil waktu untuk bersyukur setiap hari. Bersyukurlah atas pekerjaan Anda, kesehatan Anda, keluarga Anda atau apapun yang dapat Anda syukuri. Bersyukurlah lebih banyak dan percayalah hidup Anda akan lebih mudah dan keberuntungan senantiasa selalu bersama Anda, karena Anda dapat melihat hal-hal yang selama ini mungkin luput dari pandangan Anda karena Anda terlalu sibuk mengeluh.
Kalau semakin banyak kita bersyukur atas apa yang kita miliki, maka semakin banyak hal yang akan kita miliki untuk disyukuri. Berarti semakin banyak kita mengeluh atas masalah yang Anda alami, maka jangan heran jika rasanya semakin banyak masalah yang kita alami untuk dikeluhkan.
Jangan mengeluh bila Anda menghadapi kesulitan tetapi lakukanlah hal berikut ini. Tutuplah mata Anda, tarik nafas panjang, tahan sebentar dan kemudian hembuskan pelan-pelan dari mulut Anda, buka mata Anda, tersenyumlah dan pikirkanlah bahwa suatu saat nanti Anda akan bersyukur atas semua yang terjadi pada saat ini.
Biasakan diri untuk tidak ikut-ikutan mengeluh bila Anda sedang bersama teman-teman yang sedang mengeluh, coba beri tanggapan yang positif atau tidak sama sekali. Selalu berpikir positif dan kembangkan sikap penuh syukur lalu lihatlah perubahan dalam hidup Anda.
Mengeluh adalah menumpahkan sisi kekesalan hati, laksana menumpahkan semangkok kuah panas kepada sipenerima keluhan , seringkali mengeluh ditandai dengan satu sudut pandang, yakni sudut pandang si pengeluh.
Penerima keluhan sering ikut pusing dan kepanasan. Sialnya si pengeluh sering berlalu begitu saja setelah menumpahkan semangkok kuah panas itu.
 Orang yang mengeluh tidak membutuhkan solusi, sebab dicarikan solusi pun tetap akan cari cara lain untuk mengeluh apakah tentang hal yang sama atau hal yang berbeda. Karena bagi pengeluh, semua tidak ada yang benar, kalau pun kemudian ada yang benar, terus ia akan mencari kelemahan yang lain , yang bisa untuk dikeluhkan.
Pengeluh akan mengeluhkan semua keluhannya tanpa pandang bulu , tanpa berfikir apakah orang yang dikeluhi pun sedang memiliki masalah yang mungkin saja lebih berat dari pada si pengeluh.
Kurang bersukur dan minimnya pikiran positif diindikasikan menjadi penyebabnya. Orang yang paling banyak mengeluh adalah orang yang paling banyak dikeluhkan orang lain. Apalagi jika mengeluh menjadi hobi, hidup tanpa mengeluh seakan-akan hambar.
Pengeluh adalah pengisap energi positif dari orang lain. Karena orang yang mendengar keluhan menjadi ikut runyam, pusing, bete dan berbagai perasaan negatif lainnya.

Apa yang harus dilakukan ketika menjumpai orang seperti itu? Singkirkan sejauh mungkin diri kita dari orang seperti itu karena yang dia sodorkan adalah racun. Jika terpaksa terjebak percakapan dan mulai dia memperdengarkan keluhannya, maka fokuskan pikiran kita ketempat yang lain, jangan didengarkan , cukup senyam-senyum saja.
Carilah peluang untuk membelokkan arah perbincangan. Apabila si pengeluh sudah sangat mahir menjerat kita kembali kepada keluhannya, maka istighfar-lah atau berkonsentrasi pada arus keluar masuk udara pernapasan kita.
Jangan merespon apapun karena pengeluh adalah memang minta direspon, apabila kita diam saja, pengeluh akan segera pergi dan mencari mangsa yang lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kasih koment dooonk kritik saran hinaan sanjungan terserah daah....