Minggu, 10 Agustus 2008

Esensi Sholat

Shalat itu mengikuti aturan-aturan tertentu. Gerakan pertama atau disebut juga takhbiratul ikhram bila dilihat dari belakang tampak membentuk huruf Allah. Bacaan pertama shalat adalah Al-Fatihah. Tahukah kalian esensi dari al-fatihah tersebut ? Esensi nya adalah Basmalah..... ya bismillahhirahmanirrahim, yang disebut dengan bacaan Basmallah. Sedang basmalah tersebut esensinya adalah tulisan Allah. Dan dalam tulisan Allah terdapat huruf alif.... alif itulah yang merupkan esensi dari semua itu, esensi dari basmallah,esensi dari al- fatihah,esensi dari sholat, yak esensi dari semuanya. Apa maksudnya? Alif itu berarti satu, tegak, dan awal,,yang kesemuanya menunjukan kepada sifat-sifat Allah. Dan pada saat kita melakukan tahiyyat, baik awal maupun akhir, kita membaca shaduallah. Tangan kita langsung menunjuk, hal ini menunjukkan tahukah kalian kalau itu merupakan pengakuan kita akan ke-extensi-an Allah bahwa Allah itu maha esa dan maha tegak, tidak tergoyahkan.
Bila dilihat dari gerak-gerik sholat bisa dilihat pada saat takhbiratul ikhram badan kita tegak 180 derajat, saat ruku badan kita membentuk sudut 90 derajat, saat kita sujud membentuk sudut 0 derajat,dan pada saat duduk diantara 2 sujud,badan kita membentuk 90 derajat.
Kalo semua nya dijumlahin menjadi 360 derajat !! apa artinya 360 derajat itu? Angka 360 mengacu pada Lingkaran. Kalian pasti udah tau ap aja keistimewaan dari sebuah lingkaran, bukan. Anggap aja itu lingkaran siklus , ok, seperti yg kita tahu, hidup layaknya sebuah siklus , sehat kemudian sakit, muda lemudian tua, terang kemudian gelap, dan tentu aja hidup kemudian mati Bulan berevolusi terhadap bumi membentuk sudut 360 derajat, itulah cara ibadah bulan kepada Allah, mengelilingi bumi sebanyak 360 derajat. Planet-planet yang ada pada jalur Milky way pun semua begitu,,mengelilingi matahari sebanyak 360 derajat,semua itu bukan kebetulan, tapi udah ketentuan dari Allah. Dan itulah cara mereka beribadah. Semua gerakan Sholat merupakan ciptaan Rasul (yang tentu saja dibimbing oleh Allah) meniru cara makhluk-makhluk ciptaan allah beribadah pada Allah juga ternyata .
Dan kalo gak salah gerakan Sholat tuh ampir sama ama gerakan Yoga, yang efeknya gak jauh beda, malah lebih. Gerakan sholat ternyata dapat merelaksasi otot-otot kita dan melancarkan peredaran darah,apalagi Saat pikiran kita gak kemana-mana,terfokus pada satu,yakni Allah. Mungkin itulah kenapa kalo kalian lagi pd bt,suntuk banyak masalah, pokonya all the worst thing came to you in one shoot complex dah. Semuanya akan menjadi ringan kalo sudah sholat. Insya Allah.Makanya,nikmati resapi gerakannya dan tentu bukan hanya gerakannya aja, tapi juga esensi dari sholat itu.
Semoga aja lebih Khusyuk , amin.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

kasih koment dooonk kritik saran hinaan sanjungan terserah daah....